LABELISASI UNTUK POLARISASI ISLAM

Pada masa pejajahan kolonial untuk mereduksi kekuatan Islam penjajah melakukan polarisasi umat islam dengan memberikan label Islam Cultural dan Islam politic. Sangat jelas tujuannya agar penjajahan berjalan langgeng tanpa rongrongan dari kekuatan umat Islam. Alhasilnya Kapatalis VOC berhasil mengeruk kekayaan alam Nusantara selama 300 tahun lebih.

Era Kolonial memang sudah berakhir dan Indonesia sudah merdeka. Namum apakah Kapitalis juga sudah hengkang dari negeri ini?
Jelas tidak. Mereka masih bercokol dan menghisap kekayaan negeri ini. Namum wujud dan caranya sudah berubah bukan seperti VOC dengan Politik Tanam Paksa lagi seperti di era Penjajaham Belanda.

Politik Devide et impera masih efektif untuk memecahbelah kekuatan umat Islam. Dan inilah yang terus dilakukan Kapitalis untuk mempertahankan Hegemoninya dinegeri ini.

Jika pada zaman kolonial hanya terjadi Bipolar yaitu Islam Culture dan Islam Politic namum pasca Reformasi sudah berkembang menjadi Multipolar. Tidak asing ditelinga kita istilah-istilah ; Islam Tradisional, Islam Moderat, Islam Radikal, Islam Fundamental, Islam Teror, Islam Nusantara, Islam Liberal dan banyak label Islam lainnya.

Ironis memang jika membadingkan umat islam era penjajahan dengan umat islam zaman sekarang. Zaman penjajahan label disematkan oleh Penjajah dan mereka tidak membanggakan label tersebut namum pada zaman sekarang dengan bantuan dana dari Kapitalis masing-masing kelompok dengan bangga memberikan label pada diri mereka sendiri.

Cara kerja Kapitalis selalu berevolusi mengikuti perubahan zaman. Dulu datang menggunakan kekuatan senjata penjajah Belanda. Namum sekarang datang dengan kekuatan dana. Kapitalis zaman sekarang tidak pernah memaksa mereka datang seumpama Wanita cantik nan semblohay dengan sedikit kedipan genit untuk mengeruk kekayaan alam negeri ini. Sementara umat Islam saling klaim sebagai pemilik syah kavling surga.

Kategori Esai, Telaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close