Homesick

Alma telah meninggalkan tanah leluhurnya sejak 24 tahun lampau. Saat itu Dzenita dan Sejla masing-masing berusia empat dan satu setengah tahun. Adalah perang antara etnis Bosnia dan Serbia memaksa Alma harus secepatnya meninggalkan Sarajevo-tanah airnya. Pasca bubarnya negara Yugoslavia.

Hanya dengan pakaian yang melekat di badan Alma dan Keluarga terdampar di Swiss sebagai imagran korban perang. Pernah terlunta-lunta di Jerman. Pernah juga mencoba peruntungan di Belgia. Namun nasib melemparkannya ke Pert-Australia sejak 15 tahun lalu.

Sekarang Dzenita tengah merintis karirnya sebagai Pengacara muda dan telah punya dua orang anak sedangkan Sejla baru saja mendapatkan gelar Dokter.

Sekitar dua puluh menit saya mendengar Alma bercerita tentang kerinduannya kepada tanah kelahiran, kepada sanak saudara yang tidak pernah tahu keberadaannya masih hidup atau telah tiada. Tentang kota Sarajevo yang indah, tentang sungai Sava dan Drina nan elok, pegunungan berhawa sejuk serta tentang tanahnya yang subur. Saya sangat terharu mendengar ceritanya.

Terlebih dari itu Alma-wanita berjilbab ini tak henti-hentinya berucap Alhamdullilah atas segala nikmat dan karunia Allah kepadanya. Selamat dari perang Bosnia sedangkan sanak saudara banyak yang terbunuh. Walaupun gagal mendapatkan kehidupan yang layak di eropa namun beliu selalu bersyukur.

Sehari-hari Alma menyibukan hari-harinya dengan mengurus kedua cucunya, sehingga sedikit membantu melupakan kenangan pahit masa lalunya. Sedangkan suaminya-Zlatko berprofesi sebagai sopir taxi masih belum dapat berdamai dengan masalalu. Perang telah mencabut dan melemparkannya kebelahan bumi yang lain. Sehingga sampai saat ini jangankan untuk balik dan menetap di Sarajevo berkunjung sebagai pelancongpun tidak bersedia.

Dobar dan majka Alma.
Waalaikum salam ujar saya sambil membukakan pintu, kemudian dia berlalu dan hilang ditengah kerumunan orang-orang yang berlalu lalang sepanjang jalan legian sore tadi.

Al Albana-Pendengar & Penutur-

Legian, 10 Agustus 2016

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close