Abstain

Setiap orang berhak untuk; (1) berpendapat, (2) berbeda pendapat bahkan untuk (3) tidak berpendapat atas suatu hal. Tentu saja, pendapat tersebut akan berada dalam pergesekan dan silang pendapat dijagad semesta. Itu bagian tak terelakkan dalam kontestasi pendapat. Sehingga wajar pula jika dalam proses, seseorang mengubah pendapatnya.

Kita semua sepakat perbedaan pendapat adalah hal yang wajar dan harus dihargai. Namun sebagian lupa bahwa ‘tidak berpendapat’ juga sudah termasuk bagian dari ‘pendapat’ itu sendiri.

Bahkan Dewan Keamanan PBB juga mengakui pilihan Abstain kepada anggotanya. Serta UU pemilu juga memberikan ruang kepada kelompok yang untuk tidak berpartisipasi atau Golput.

Pendapat yang merupakan hasil olah pikir dari apasaja yang kita ketahui melalui ; membaca,melihat,mendengar,menyaksikan atau merasakan. setiap orang juga punya cara berbeda. Ada yang butuh waktu lama dalam berpikir. Ada pula yang cepat mempelajari tema tersebut.

Sebagai orang yang punya kapasitas berpikir pas-pasan seperti saya, acapkali butuh waktu relatif lebih panjang untuk mempelajari suatu masalah. Tidak semua orang terlahir jenius dan cerdas sehingga cepat dalam berfikir dan cepat pula berpendapat.

Sering kita mendapati banyak orang yang tidak sabar melihat orang belajar dan berfikir. Saya kagum dengan orang-orang jenius dan cerdas yang cepat sekali memproses sesuatu, sehingga cepat punya pendapat. Tapi orang-orang tersebut seyogianya juga sadar kalau ada banyak orang yang butuh waktu lama untuk berpikir sebelum berpendapat. Merenungkan sesuatu. Selama proses itu, tentu tidak berpendapat.

Wahai orang-orang cerdas, berhentilah mengakimi orang-orang yang sedang berpikir, orang-orang yang berotak pas-pasan. Masih beruntung kami diberi kesempatan berpikir. Sebab banyak juga orang yang belum berpikir namum sudah bicara, bahkan bertindak serta berteriak. Bahkan banyak yang sekedar berteriak untuk terikan orang lain mereka menjadi toa biar dianggap ada.

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close