Katupek Gulai Paku

Pernahkah anda mengalami; merindukan makan yang pernah anda nikmati waktu kecil?,
pastilah pernah,bahkan hampir semua orang mengalaminya, namun jika ditanya why (?). Alasan yang paling banyak mungkin karena rasanya sangat enak dan sudah langka pada saat ini.

Namun apa yang saya rasakan sedikit agak berbeda, karena ; katupek gulai paku yang saya sangat inginkan saat itu ; sangat jauh dari rasa enak dan juga bukan makanan langka yang susah ditemukan saat ini,apalagi disini dikota asal masakan ini.

Keunikan katupek gulai paku yang saya nikmati puluhan tahun silam memang ‘ketidakenakan dan ketidaklazimannya’ karena ; rasa yang paling menonjol adalah pedas dan asem.

Memang hampir semua masakan Padang terkenal dengan pedas, namum tingkat kepedasannya naudhubillah karena pedas rawit bukan cabe keriting yang lazim digunakan masakan padang. Sedangkan rasa asemnya juga tidak mau kalah dari pedas. Rasa asem pada katupek gulai paku berasal dari irisan buah pala,namun jumlah irisan buah pala dalam satu porsi katupek biasanya tidak lebih dari satu dua irisan, namun beda dengan yang ini, jumlah irisan buah pala hampir setengah jumlah potongan ketupat dalam satu porsi.

Keunikan lainnya ukuran anyaman ketupat yang jumbo. Anyaman normal untuk satu porsi dibutuhkan satu sampai satu setengah anyaman ketupat namun katupek yang yang saya nikmati puluhan tahun lalu untuk satu porsi cukup setengah anyaman ketupat.

Namun, entah kenapa setiap menemukan warung yang ada tulisan ; “Sedia Katupek Gulai Paku”, ingatan saya melayang kepada Katupek Gulai Paku Mak Cimpam yang selalu menemani saya memulai minggu pagi.

Sebagaimana halnya ngidam wanita hamil, kerinduan saya terhadap Katupek Gulai Paku ini saya rasa juga belum dapat dijelaskan oleh Psikolog apalagi Paramedis

Selamat Sabtu Pagi dan berburu kuliner!
Jaga kolesterol, ingat Pilkada sepuluh lari lagi jangan sampai koleterol menghalagi anda dalam menentukan nasib kota anda lima tahun kedepan.

****

Al Albana, Andalas, 04 Feb ’17

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close