LOGIKA BINER

Hiruk-pikuk politik sehubungan perseteruan antara massa NU dan Ahok saya jadi ingat beberapa tahun yang lalu seorang pernah bertanya kepada saya ; “apakah saya ikut NU atau Muhammadiyah?”, saya jawab “saya tidak ikut dua-duanya”. Dilain waktu saya juga pernah ditanya oleh teman yang lain perihal yang sama, saya jawab “saya ikut dua-duanya”. Lalu dia balas “gak bisa gitu harus memilih salah satu”, “kalau begitu saya nggak memilih alias abstain” jawab saya. Dia bingung apalagi saya.

Nopember tahun lalu saya berkunjung ke Tanah Mataram, pusat dan tempat lahir organisasi Muhammadiyah yang didirikan oleh Muhammad Darwis yang lebih dikenal dengan nama Haji Ahmad Dahlan.

Beberapa kali saya pernah sholat Magrib di Masjid dekat rumah saudara tempat kami menginap, Masjid yang pengurus dan DKM ditempati oleh aktifis Muhammadiyah, bahkan ketua DKM adalah salah satu petinggi Muhammadiyah dan juga mantan ketua KPK. Awalnya sempat heran karena setiap selesai sholat magrib dilanjutkan zikir dan do’a bersama yang dipimpin imam sholat, dimana hal yang sangat jarang ditemukan di Masjid Muhammadiyah pada umumnya.

Pada setiap malam Jum’at, ba’da sholat magrib dilanjutkan yassinan, bahkan saya juga pernah mendengar himbauan dari masjid untuk tahlilan di salah-satu rumah warga dalam rangka memperingati 40 hari meninggalnya anggota keluarga mereka.

Makanya saya heran ketika beberapa hari yang lalu bersileweran di beranda sosial media, tweet salah seorang Intelektual Muda NU ; “gak usah ngaku-ngaku NU, tahlilan dulu sana”

Nah, sejak kapan pula ada polarisasi macam ini? Emang tahlilan cuma punya NU?, nun di kampung saya pesisir pantai barat sumatera [pariaman] banyak orang yang tidak kenal ormas NU namum mereka tahlilan dalam acara tujuh atau empat puluh hari meninggalnya anggota keluarga.

Tabik, Alwi Albana 05 feb 17

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close