MEREKA TANPA BERITA

Pagi ini berangkat ke toko melintasi persawahan parak jigarang menyaksikan sekelompok petani dengan riang gembira mengayunkan cangkul, sebagian lagi sedang membajak, sekali-kali terdengar mereka tertawa terbahak-bahak sepertinya mereka tidak peduli berapakali mata uang rupiah berganti gambar dan berapa komposisi pahlawan muslim dan non muslim. Bagi mereka berapa banyak buliran pagi yang bisa dibawa pulang saat panen nanti jauh lebih penting daripada hiruk pikuk Pilkada. Mungkin karena mereka tidak punya atau tidak sempat menonton televisi selepas kecapekan dibakar matahari seharian.

Melewati pasar kaget Lubuk Lintah, menyaksikan wanita setengah baya meladeni tawaran remaja puteri berjilbab, lalu memasukan beberapa ikat kangkung dan timun kedalam kantong kresek, selanjutnya beberapa lembaran rupiah berpindah tangan. Sang ibu tidak peduli photo Cut Meuthia di lembaran uang menggunakan hijab atau tidak. Bagi beliau semakin banyak sayuran yang berhasil dibungkus dan kemudian terjadi perpindahan lembaran uang dari pengunjung pasar kedalam kotak transparan yang berada dibawah mejanya jauh lebih penting pada segala yang diperbincangkan orang-orang tentang imigran gelap komunis China di media massa.

Dari atas jembatan Kuranji, menoleh kebawah, terlihat seorang lelaki muda berotot kekar sedang berada ditengah aliran sungai hampir setinggi dadanya,sambil melawan deras arus dia menancapkan sekop kedasar sungai lalu menaikan pasir keatas perahu kecil disebelahnya. Bagi beliau persetan dengan retroverso palu arit ataupun cobek ulekan pun tidak masalah di lembaran rupiah. Baginya mengeluarkan pasir sebanyak-banyaknya dari sungai untuk dibawa truk adalah segalanya. Mungkin dia tidak punya sosial media sehingga tidak mengetahui kedatangan King Salman.

Benar yang dikatakan Pramoedya dalam Rumah Kaca, “hidup sungguh sangat sederhana yang hebat-hebat hanya tafsirannya”.

Selamat pagi menjelang siang!
Selamat beraktifitas walaupun sedikit mendung

Alwi Albana, New Market, 2 Jumadil Akhir 1438 H

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close