KATA SIAPA ISLAM TAK PERLU DIBELA?

“Inilah akibat kalau dari lahir cuma ketemu orang Islam”, (penganut Islam bukan ajaran Islam), penggalan kalimat ini mengingatkan saya,’once upon time’, ikut pesantren kilat yang diselenggarakan oleh CIMB Niaga di Bumi Niaga Gunung Geulis, Bogor sekitar sepuluh tahun lalu.

Penceramah, saya sudah lupa nama Ustadznya, menceritakan pengalaman saat Umroh, bertemu dengan seorang Muallaf yang sedang menangis sesegukan di depan Ka’bah. Setelah memberikan salam tentunya dalam bahasa Inggris, Ustadz bertanya kenapa dia menangis, lalu berceritalah muallaf tersebut bahwa sebelumnya di penganut Yahudi. Singakatnya dia bersyukur tidak terlalu banyak berintegrasi dengan penganut agama Islam(muslim), hingga dia mengenal ajaran Islam dari Al qur’an dan Hadist.

Satu quote dari muallaf tersebut yang disampaikan Ustadz membuat saya merasa dicambuk yaitu; “Sungguh, saya bersumpah tidak akan memeluk agama Islam jika hanya mengenal pemeluknya, dan saya bersyukur Allah terlebih dulu menuntun saya untuk mengenal Kalam-nya dan Sunnah Muhammad Rasullulah, manusia mulia pilihannya, sebelum saya mengenal pemeluknya”.

Kata siapa Islam tak perlu dibela?
Terutama mengenalkan ajaran Islam terhadap dunia agar meluruskan streotip mereka terhadap Islam merupakan pembelaan terhadap Islam melalui dakwah Akhlak. Misalnya, malu saat boncengan dengan Isteri yang berhijab tapi menerobos lampu lalu lintas saat masih berwarna merah?, atau pakai gamis atau baju koko tapi melemparkan sampah dari jendela mobil?, berarti anda sudah membela Islam.

Penguasa membela Islam dengan otoritasnya, para mubaligh membela Islam dengan dakwahnya sedangkan bagian kita yang awam cukuplah hendaklah membela Islam dengan Akhlak(perbuatan yang mencerminkan ajaran Islam). Dengan begitu kita semua menjadi front pembela (ajaran) Islam.

****

Al Albana, Andalas 7 Maret 2017

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close