Nujum

Meskipun bukan pemegang KTP Batavia, sebagaimana Inlander Hindia Belanda lainnya saya juga akan menebak hasil Pilkada Batavia.

Saya tidak memprediksi seperti lembaga survey ; berdasarkan sampling dan analisa data atau lebih sering berdasarkan orderan. Maka tebakan saya ini tidak pantas disebut prediksi, sebut saja nujum karena berdasarkan hasil penerawangan linimasa sosial media. Lagi pula saya tidak menebak pemenang namun hanya selisih suara. Seperti bandar judi pertandingan sepakbola dengan sistim voor. Tebakan saya sebagai berikut;

I. Jika Anies-Sandi menang, maka kemenangan pasangan ini > 1,5 %

II. Jika Ahok-Djarot menang, kemenangan pasangan ini < 0,5 %

Jika poin I yang terjadi, untuk populasi pemilih Pilgub DKI sebanyak tujuh juta lebih, maka bisa disebut Anies-Sandi menang mutlak. Salah satu implikasinya adalah kecil kemungkinan pemungutan suara ulang. Atau kalaupun terjadi pengulangan pemilihan di beberapa titik yang dicurigai telah terjadi kecurangan, maka hasilnya tidak signifikan tidak berpengaruh pada hasil pemenang (Anies-Sandi tetap menang)

Jika poin II yang terjadi, maka besar kemungkinan akan terjadi pemilihan ulang di beberapa titik karena dituding telah terjadi kecurangan yang dapat mengubah hasil pemenang (baca: Anies-Sandi bisa berubah menjadi menang).

Apapun hasil Pilgub yang terjadi baik poin I ataupun poin II, Makamah Konstitusi (MK) hampir pasti mendapat gugatan dari salah satu kubu yang berlaga.

Siapkan stamina, karena siapapun pemenangnya perseteruan kedua kubu belum berakhir, bahkan akan semakin memanas saat Pilpres 2019 nanti.

PS;
1. Ramalan ini di terawang oleh seorang tidak ber-KTP Batavia sehingga tidak berafiliasi dengan salah satu kubu yabg berlaga.
2. Ini hanya tebakan, kalau setuju silakan, jika tidak bukan bahan untuk perdebatan.

****

Al Albana, Andalas, 19 April 2017

Kategori Telaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close