Kolinial Nusantara

Seandainya peradaban nusantara pada abad 16-19 lebih maju daripada Eropa atau China mungkin saja Denmark, Swedia ,Jerman atau Guangzho menjadi koloni (daerah jajahan) Indonesia. Karena sesungguhnya kolonial hanyalah masalah peradaban saja-bangsa yang lebih kuat dan maju peradabannya akan menguasai bangsa yang lemah.

Dan saya membayangkan seorang gubernur jendral dengan nama wangsa jawa akan mengatur semenanjung Skandinavia atau seorang residen dengan nama sunda berfikir keras mengendalikan gerakan nasionalis Prusia, seorang ahli kolonial bernama Aceh memberikan masukan kepada gubernur jendral Indonesia untuk Guangzho agar Uigur tidak direbut Turki Ustmani. Dan mungkin saja kita akan banyak menemukan nama Joko,Bambang Sugeng, Susilo, Asep, Teuku di Eropa maupun di China.

Apakah jika bangsa kita menjadi penjajah seperti Belanda, Spanyol,Portugal, Inggris dan Perancis akan lebih beradab dari mereka (eropa) ?

Berdasarkan beberapa literatur yang saya baca. Salah satu alasan Kerajaan Belanda belum bisa melepas sepenuhnya pribumi mengurus bangsa sendiri karena buruknya perlakuan para pejabat pribumi terhadap rakyat, para priyayi berlaku semena-mena, menuntut penghormatan yang berlebihan.

Dalam hirarki pemerintahan Hindia Belanda, untuk tingkat Bupati ke bawah dipegang oleh pribumi sedangkan untuk tingkat Bupati keatas dipegang oleh Belanda.

Pada zaman Hindia Belanda, setiap penggerak ideologi yang berlawanan dengan pemerintah, seperti para pahlawan nasional kita; Tuangku Imam Bonjol, Cut Nyak Dien, Ki Hadjar Dewantoro, Soekarno, Tan Malaka, Hatta dan banyak lainnya mereka hentikan dengan cara diasingkan (buang) bukan dengan cara tembak mati seperti yang dilakukan oleh pemerintah saat ini terhadap terduga terosis.

****

Al Albana, Ramadhan 1437

Kategori Esai, Telaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close