Lingkungan Sosial

Kadang sebagian orangtua keliru dalam menafsirkan lingkungan yang sehat untuk pendidikan anak-anak meraka. Mereka beranggapan bahwa sekolah negeri yang biasanya berasal berbagaai macam latar belakanng keluarga namun adakalanya untuk sekolah negeri non ungggulan biasanya. didominasi anak-anak ‘kampung’ dan ‘pinggiran’ sering berkata-kata kotor, tidak sopan sudah diatur dan berkomunikasi menggunakan bahasa daerah adalah lingkungan yang tidak sehat bagi anak-anak mereka. Sehingga mereka lebih memilih sekolah terpadu dengan berbagai macam plus sebagai nilai jual masing-masih sekolah.

Namun mereka lupa bahwa biasanya sekolah-sekolah tersebut dihuni oleh mereka kalangan menengah karena biaya sekolah yang mahal. Sehinga kehidupan sosial yang homogen, antar murid tak jarang saling pamer barang-barang mahal,berfoya-foya, jarang sekali diajarkan kesederhanan,hemat dan menahan diri atas keinginan-keinginan yang tak perlu.

Bayangkan saja acara mulai dari pentas seni hingga acara perpisahan di hotel berbintang dengan biaya jutaan, ‘study tour’ sampai ke Bali atau Singapura. Bahkan hingga tingkat SMU masih di antar-jemput, tidak pernah merasakan berkejar-kejaran dan berdesak-desakan naik bis, kehujanan mengendarai motor atau bersepeda.

Mereka lupa bahwa memuja kemewahan dengan mengbdi kepaada kebendaan lalu melupakan kesederhanaan dan kemandirian juga ‘racun’ yang tak kalah berbahaya bagi perkembangan mental anak-anak mereka.

Anda boleh tidak percaya, karena belum menyaksikan sinentron remaja di RCTI.

~Alwi Albana~
Salah seorang walimurid yang belum dapat menyekolahkan anaknya di sekolah negeri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close