Selamat Hari Sastra

Etnis Minang dikenal sebagai saudagar ulet dan ulung di berbagai kota di Indonesia bahkan juga di mancanegara, selainya itu walaupun tidak seperti pulau jawa tempat menjamurnya pesantren, etnis minang juga dikenal menghasilkan Mubaligh terkenal seperti; Ahmad Khatib Al-Minangkabauwi, H. Rasul (inyiak Doktor), Ulama-Sastrawan Buya Hamka, Politisi santun M. Natsir, Diplomat cerdik H. Agus Salim dan lainnya.

Memang susah untuk menyangkal bahwa etnis Minang kurang menonjol pada dunia militer dan seni, namun Selain unggul bidang diatas, etnis Minang juga memberikan sumbangan yang besar pada dunia kesusteraan dan jurnalistik Indonesia. Sebutlah nama ; dua orang bersaudara Muhammad Yamin dan Djamaluddin Adinegoro, Marah Rusli, Rustam Effendi, Sutan Takdir Alisyahbana, Chairil Anwar, Ahmad Rivai, Asrul Sani, Rosihan Anwar, AA Navis dan lain sebagainya.

Namun keunggulan etnis minang dalam bidang sastra dan jurnalistik tidak berbanding linear dengan dunia literasi di Sumatera Barat, penerbit dan toko-toko buku masih sangat sedikit, bahkan jika ingin mencari buku hanya mengandalkan Gramedia dan Sari Anggrek dengan koleksi buku yang sangat standard. Berbeda sekali dengan kota lainya misalnya Jogjakarta, Bandung, Makassar.

Diera digital saat ini pun sedikit sekali media online dengan konten new atau opini yang berasal dari Padang.

Selamat Hari Sastra.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close