Mem-PKI-kan HTI

Setelah pembubaran HTI lalu apa?,

Pada 19 juli pemerintah melalui Kementrian Hukum & HAM memcabut izin HTI. Maka secara hukum menjadi ormas terlarang. Lalu hari ini mempublikasikan nama-nama pengurus dan simpatisan HTI. Untuk apa?, agar HTI di PKI-kan?

Lantas apa?, sebagai institusi Ormas HTI memang telah dibubarkan, semua aktifitas, simbol, lambang dan perangkat organisasi tidak diizinkan tampil di ruang publik. Lalu bagaimana ideologi yang mereka usung. Karena ideologi tidak terletak pada struktur organisasi namun di kepala dan hati masing-masing anggotanya.

Langkah apa yang telah dipersiapkan pemerintah untuk menangkal ideologi yang tidak sesuai dengan Pancasila?, termasuk ideologi khalifah yang ada di masing-masing kepala anggotanya HTI.

Apakah cukup membangun stigma “awas bahaya laten HTI”, seperti yang dilakukan Orba terdahap ideologi komunis dengan propagandakan “awas bahaya laten PKI”. Pada zaman itu untuk membunuh atau membunuh karakter seseorang cukup tuduh PKI, maka akan selesai.

Jika ini yang dilakukan jelas keliru karena HTI tidak punya rekam jejak kekerasan dalam mewujudkan ideologi khalifah seperti yang pernah dilakukan PKI. Rakyat tidak akan mudah terprovokasi kecuali sebagian kecil saja.

Sebagai negara Demokrasi yang menjujung tinggi hukum. Jelas langkah pembubaran HTI keliru karena HTI tidak punya rekam jejak kekerasan. Kalaupun ada yang dianggap ‘keliru’ atau ‘bermasalah’ adalah ideologi yang mereka usung. Sedangkan hukum hanya dapat menindak perbuatan bukan yang pemikiran (ideologi).

Sepertinya pemerintah tidak mau repot, malas mikir serta miskin kreatifitas dalam menangkal ideologi yang tidak sejalan dengan Pancasila. Mereka lebih memilih jalan pintas yang penuh kontriversi dengan cara membubarkan.

Btw, jika HTI dibubarkan saya sebenarnya setuju sekali, tapi bukan Hizbut Tahrir Indonesia melainkan Hutan Tanaman Industri (HTI) yang telah merampas tanah rakyat, lalu membuat kami di Sumatera sesak nafas karena asap.

~Alwi Albana~ 27 Syawal 1438.

Pendukung pembubaran HTI (Hutan Tanaman Industri)

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close