Homo Sapiens Era Digital

Media Sosial itu terbatas tidak dapat dijadikan rujukan dalam mensikapi sesuatu. Karena orang menulis sesingkat mungkin untuk mendapatkan pengikut sebanyak mungkin. bahkan belakangan cukup dipadatkan dalam bentuk meme. Opini yang ditulis tidak akan pernah bebas dari subjektifitas dan pengalaman pribadi penulis yang terbatas.

Akibatnya banyak hal detail yang tidak tersampaikan secara komprehensif dan integral kepada pembaca, padahal ini sangat penting dalam dalam menarik kesimpulan.

Judulnya boombastis, gaya bahasanya hyperbolik, tujannya provokatif dan agitasinya murahan kontennya zonk. Judul sering tidak sesuai isi. Akan semakin bahaya jika sampai kepada orang-orang yang hanya ‘mampu’ membaca judulnya saja. Orang yang tidak suka membaca namun sangat senang ‘membaca-baca’. Pikiran terkunci namun mulut (jari-jari) selalu mangap untuk berdebat.

Konon khabarnya, menurut penelitian, potensi terbesar Homo Sapien (termasuk saya) adalah Bakat Men**on**ng. Apalagi diera digital saat ini kita lebih sering Sarapan Pagi Penuh D*s*a dari sosial media sebelum sarapan pagi penuh nutrisi.

Sebenarnya bukan masalah karena yang ditanyakan Mark setiap anda membuka akun facebook adalah “What is your mind (opini)?”, bukan “What is your news?”. Jadi salah sendiri jika ada yang mencak-mencak dan marah-marah setelah membaca di sosial media. Opini dianggap berita (faktual dan aktual).

“Sesungguhnya cobaaan yang paling berat di era kegelapan (era medsos) adalah akan muncul orang-orang yang suka menyebarkan berita palsu (hoaks)”.

[Bukan Hadist Nabi]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close