Saya Dan Film G 30 S/PKI

Karena pada dasarnya saya memang penakut atau biar keren sebut saja humanis bahkan sampai hari ini tak berani menyaksikan adegan kekerasan walaupun itu di tivi. Melihat pisau dan gunting operasi saja saat menonton tivi tangan reflek ganti chanel. Itu sebabnya tidak banyak yang saya ingat tentang kekerasan dalam film G 30 S PKI selain dari cerita lisan teman-teman yang menonton sampai selesai.

Kalau tidak salah ingat, saya tak pernah menonton sampai tuntas, selain karena memang tidak biasa begadang, ya itu tadi saya tak punya keberanian menyaksikan sayatan silet, mata di congkel, darah berceceran, mutilasi dan kekerasan lainnya.

Selain dari membaca dan mendengar cerita teman-teman yang menonton sampai tuntas, yang masih saya ingat dari film itu adegan Urip anak indramayu dengan dialog ; “Mak, raja tiap hari makan ayam ya mak?”. Adalagi Mahasiswa kaya yang sedang melakukan riset tentang kemiskinan. Adegan adik mahasiswa yang dimarahi Bapaknya karena berisik main drum.
Kepulan asap rokok Aidit, Sjam dan Kamerad lainnya sepeti cerobong asap kereta api pada rapat-rapat PKI. Kemudian suara radio.

Dari pembukaan film ini menurut saya cukup bagus, menggambarkan ketimpangan ekonomi pada masa itu setidaknya masih relevan sampai hari ini.

Apakah adegan ini masih ada?, tidak kena sensor?, karena dianggap propaganda komunis. Biasanya bicara tentang kelas, ketimpangan ekonomi, kaum miskin, tani, buruh pada masa Orde Baru dianggap hanya topik milik kaum kiri. Bahkan kata “karyawan” baru lahir di masa orde baru untuk melenyapkan kata “Buruh” yang beraroma kiri.

Jadi para karyawan yang menikmati libur pada hari buruh sedunia [may day] setiap satu Mei bolehlah sedikit disebut pengkhianatan terhadap Orde Baru sekaligus simpatisan PKI yang sangat dekat dengan kata “Buruh”.

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close