Radikal dan Liberal

Saya tidak memegang palu sehingga tidak punya wewenang menghakimi karena saya memang bukan hakim. Dan di depan saya juga bukan ruang pengadilan dengan meja berwarna hijau tapi keybord yang bisa mengintip dunia maya yang tak bertepi.

Saya juga bukan peneliti. Dengan analisa data yang komprehensif, menggunakan fakta yang otentik. Saya hanya ‘cenayang sosial media’ dengan list frienship yang juga ‘seuprit’.

Jadi jika lembaga survey independent ngakunya, sebenar konsultan politik mengklaim margin error 2-5 %, tapi kalau saya dengan rendah hati mengklaim margin error survey saya 50%.

Penerawangan abal-abal berdasarkan timeline yang bergantayangan dan melata di beranda sosial media.

Mahasiswa jurusan eksakta lebih rentan terpapar paham radikal dibandingkan jurusan ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Mulai dari Bin Laden-Teknik Sipil, Aiman Al Zuwahiri-Dokter, dou Malaysia Dr. Azhari dan Nurdin M. Top Teknik Kimia dan lainnya yang tertuduh terorisme memang sebagian besar berlatar belakang pendidikan eksakta. Penyebabnya adalah mereka tidak terbiasa dengan pemikiran dengan banyak sudut pandang, mereka terbiasa dengan pemikiran hitam-putih, benar-salah, cenderung linear dan cepat dalam berfikir.

Oleh karena itu target kelompok radikal lebih memilih kampus-kampus sekuler seperti UI, ITB, IPB, UGM, ITS menjadi sasarannya dari pada Perguruan Tinggi Islam seperti UIN (IAIN) apalagi pesantren.

Pada saat bersamaan paham liberal lebih menyasar Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam dan Pesantren daripada Mahasiswa dari Kampus Sekuler. Hasilnya banyak tokoh liberal alumni Pesantren dan UIN sedangkan tokoh yang dituduh radikal dari kampus sekuler.

Pertanyaannya kenapa alokasi dana deradikalisasi lebih banyak mengalir ke pesantren?, selain kurang tepat sasaran, tentunya ini semakin membentuk stigma pesantren (Islam) sarang Radikal.

Ini hanya opini yang tak lepas dari subjektifitas dan refrensi yang dibaca jadi jangan digeneralisasi untuk menghakimi.

Al Albana, Padang 17 Safar 1439

Kategori Esai, Telaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close