Nonton AAC 2

Jika Konsultan Politik menyebut massa mengambang, mungkin istri saya dapat disebut bagian dari massa yang semacam itu. Namun bukan dalam hal politik tapi kuliner dan travelling. Dia mudah sekali terpengaruh oleh propaganda dan opini media (sosial) perihal kuliner dan objek wisata kekinian yang ramai diposting media sosial, ia pun penasaran ingin mencoba.
Sebagai suami siaga yang pernah bersumpah untuk selalu membahagiakannya, saya tak punya alasan untuk mengelak. Pegangan saya, kalau ada “benturan” dan selama itu tidak prinsipil, suami wajib mengikuti kemauan istri.

Meski saya sudah lama bahkan hampir tidak tersentuh oleh hal-hal populer dan kekinian, saya pun ikhlas digiring ke sini. XXI Plaza Transmart untuk menonton film garapan Hanung Bramantyo–Ayat-Ayat Cinta 2.

Ibu Amelia Yani-puteri Jenderal Ahmad Yani, pernah bercerita mengenai zaman peralihan dan prahara budaya menjelang terjadinya peristiwa 65. Zaman di mana propaganda PKI luar biasa kuat. Ibu Amelia bercerita mengenai tukang jahit keluarganya yang hampir setiap hari rela ikut latihan berbaris atau marching PKI. Dan itu sesuatu yang biasa saat itu. PKI memang jago mengambil hati masyarakat.

Elit PKI memang diisi oleh orang-orang cerdas yang paham psikologi massa. Konon katanya, kalau H. Misbach naik angkot selama sepuluh menit, saat ia turun penumpang sebelah kanan dan kirinya otomatis menjadi komunis, sedangkan sopir angkot dan penumpang lainnya menjadi simpatisan PKI. Tidak pengaruh. Apa pun ideologi anda sebelumnya, Pan Islamis ala Masyumi atau Marhaenis ala PNI pada saat pertama naik angkot tadi.

Saya pun bersyukur kami tidak hidup di zaman itu. Dengan propaganda masif seperti itu, bisa-bisa istri bergabung dengan Gerwani memakaa saya makan sayur genjer setiap hari.

Kategori My Family

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close