Riwayat Lipan

Saya bukanlah pecinta binatang, bahkan saat ini tak memiliki seekor pun hewan peliharan. Namun juga tidak suka dan berusaha agar tidak melabeli orang lain, entah karena rasa prihatin atau memang benar-benar ingin merendahkan, dengan sebutan nama hewan.

Pagi ini seekor anak lipan yang masih kecil tiba-tiba saja keluar dan bergerak dengan gesit diantara tumpukan barang-barang di toko. Reflek saya mengambil apa saja yang terdekat untuk dihantamkan kepada lipan itu. Untungnya posisi saya yang sedang duduk hanya bisa menjangkau botol dan cangkir kopi yang sebelumnya sudah saya siapkan untuk secangkir kopi.

Walaupun kaget dengan kehadiran lipan kecil itu, akal sehat saya masih berfungsi. Botol beling yang berisi kopi yang sudah saya angkat tidak jadi saya hantamkan ke lipan. Jika ini saya lakukan, jelas lipan itu akan mati dan botol beling berisi kopi juga pecah, kopi akan berserakan di lantai menutupi bangkai lipan. Itu akan sangat buruk. Melewati hari tanpa kopi. Coba tanya Denny Siregar!.Al hasil lipan itu menghilang.

Sementara lipan menghilang terpikirkan oleh saya. Barangkali lipan itu juga seperti kita-manusia yan merasakan sakit-senang bahkan juga punya keluarga. Mungkin juga lipan kecil itu punya ibu atau saudara. Di hantam hingga mati, seperti apa sakitnya tak perlu ditanya lagi. Perasaan ibu yang kehilangan anak apalagi.

Perenungan itu menuntun saya untuk mengambil sapu, yang akan saya gunakan untuk mengibaskan lipan itu keluar toko jika ia muncul lagi.

Benar. Tak berselang lama–baru tiga kali seruputan kopi, lipan kecil itu muncul lagi. Dengan cepat dan tepat daun sapu melemparkan tubuh mungilnya keluar. Saya terus mendorong keluar agar ia tak masuk kedalam lagi.

Semoga ia menemukan induknya dan berkumpul lagi bersama keluarga.

****

Al Albana, Andalas, 01 Jumadi Awal 1439

Kategori Hewani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close