SENI POLITIK

Menarik menyaksikan hiruk pikuk panggung politik Batavia dari pinggir lapangan. Duet Anies-Sandi ibarat menyaksikan Zidane-Henry di Timnas Prancis satu dasawarsa silam.

Olah bola, gerak tubuh dan penguasaan lapangan yang dimiliki Zidane ada pada Sandi. Pergerakan Zidane melebar ke pinggir, menahan bola sejenak, mundur ke belakang atau menusuk ke dalam akan menarik pemain lawan untuk terus menempelnya. Pada saat bersamaan Henry bebas bergerak pada ruang kosong yang telah ditinggalkan lawan akibat mengikuti Zidane. Dan siap menjebol gawang jika memperoleh umpan matang.

Peran seperti Zidane yang tengah dilakoni oleh Sandi saat ini dengan segala pernyataan dan tindakan yang kontroversial untuk memancing emosi lawan. Banyak sekali ; pakai sepatu kets ke kantor, ngeband di kantor, jogging. Belum lagi pernyataannya yang jika dicerna dengan akal yang lurus-lurus saja membuat kita ngakak. Tapi ini dunia politik tidak bisa dicerna dengan akal sehat.

Kita tahu, Anies bukanlah tipikal Penyerang seperti Ronaldo atau Messi yang mampu meliuk-liuk melewati pemain lawan. Anies yang sedikit gendut tak akan mungkin melakukan itu. Makanya Sandi membuat ulah agar konsentasi lawan terfokus kepadanya, sehingga Anies tanpa pengawalan lawan dapat menjalankan program-program kerja yang telah direncanakan.

Politik adalah seni yang rumit. Jika ia (politik) seni rupa, maka politik adalah lukisan kontemporer. Terlebih di jaman now. Bagi yang membedahnya dengan pisau logika, akan berujung kecewa. Ia (politik) tidak hitam-putih, benar-salah, kami-mereka. Selalu ada irisan diantara itu. Di ranah itulah para politisi bergerilya. Sedangkan fans fanatik biasa terkonsentrasi pada ruang yang jelas ; jika tidak putih pasti putih, jika bukan kami berarti mereka.
Apalagi yang berpotensi ‘baper’ yang tengah uring-uringan akibat Koalisi Parpol pada Pilkada 2018 ini.

Selamat hari Jum’at !

****

Al Albana, Andalas, 03 Jumadil ‘Ula 1439

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close