Menunggu Kebangkitan Syarikat Islam

Jika saja tidak ada reformasi pada tahun 1998. Dan proses suksesi kepemimpinan berjalan normal tanpa hura-hura politik. Tanpa perubahan total ketatanegaraan. Kecuali sedikit saja yaitu diizinkan lahir Partai Politik baru. Seperti yang ada sekarang. Sedangkan Pemilihan Presiden dan Kepala Daerah tetap dilakukan oleh DPR dan DPRD. Sedangkan rakyat hanya ada satu pemilu yaitu Pemilu Legislatif untuk memilih Anggota Dewan. Dengan format juga seperti dulu hanya memilih Partai tanpa kita tahu Calon Anggota Legislatif yang kita pilih.

Jika saat ini Pemilu Legislatif seperti pra 98–tanpa kita mengetahui calon anggota legislatif yang kita pilih, maka saya yang senang historia kemungkinan akan memilih partai yang seakan-akan terkait dengan masa lalu, masa pemerintahan Soekarno yaitu Partai Bulan Bintang (PBB) karena partai ini mendaku sebagai penerus ideologi Masyumi. Tapi karena perihal subjektifitas–PBB diketuai oleh Yusril. Saya generasi Orde Baru–lahir dan sekolah di era Presiden Soeharto lebih memilih Partai di era Orde baru yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) selain logonya Ka’bah–kiblat umat islam sedunia, saya juga suka kepada Partai yang tidak terlalu ramai diperbincangkan dan tidak mengklaim diri sebagai Partai yang paling suci. Itu saja bukan karena bagus kinerja dan bukan pula kemuliaan visi dan misinya, Karena sederhana tidak terlalu gembar-gembor dan sibuk pencitraan.

Tentu akan lain pula ceritanya jika Hamdan Zoelva mengupgrade Serikat Islam menjadi Partai Politik dan ikut pemilu, suara saya untuk Partai Syarikat Islam, untuk mengenang Haji Samanhudi, Cokroaminoto, Agus Salim dan Abdoel Muis.

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close