Kerja Keras Sumber Bahagia

Saya percaya, kerja keras menjadi salah satu sumber kebahagian. Kerja keras dalam makna denotasi. Maksud saya kerja keras yang menghasilkan butiran keringat.

Sekali-kali perhatikanlah wajah-wajah orang yang bekerja dengan tenaga seperti petani, nelayan atau kalau di kota kuli panggung, penarik becak dan kuli panggul. Wajah-wajah terlihat bahagia saat keringat membasahi wajah dan tubuh mereka. Setidaknya tidak terlihat beban berat hidup pada wajahnya. Meski sebagian dari kita dengan mengatasnamakan ‘wong cilik‘ mengambil mamfaat dari mereka dengan berpura-pura memperjuangkan nasib mereka dalam kehidupan bernegara.

Dan Rumah Sakit, wajah-wajah seperti ini sangat jarang kita temukan. Mungkin juga karena tak mampu, bisa jadi karena memang jarang sakit. Mereka tidak menderita kolesterol, hipertensi, diabetes dan lain sebagainya. Apalagi insomania. Lelah dan berkeringat sepanjang hari membuat penyakit gangguan tidur ini tak sanggup menghampiri mereka. Malam datang menyelimuti bumi, mereka sudah ketiduran karena kelelahan bekerja seharian. Tak sempat dan tak pernah memikirkan saham naik atau turun, kompetitor bertambah, nilai tukat rupiah anjlok, atau serbuan barang import dari China.

Untuk membuktikan ini, cobalah berolahraga sampai keringatan. Saat keringat mengalir, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang akan memicu rasa senang dan bahagia sehingga semua permasalahan akan hilang seketika. Seperti itulah yang dialami pekerja keras sepanjang hari, sehingga mereka selalu terlihat bahagia tanpa beban.

****

Al Albana, Andalas, 12 Jumadil Akhir 1439

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close