Bofet Dan Warisan Kompeni

Berasal dari kata buffet dalam Bahasa Prancis yang berarti rak yang ada di ruang makan ; tempat menyimpan makanan yang akan di sajikan. Entah bagaimana awalnya Bahasa Prancis ini diserap ke dalam Bahasa Minang. Sehingga jika anda berkunjung ke kota Padang atau kota-kota lainnya di Minangkabau akan menemukan tulisan bofet untuk penanda Restauran atau cafe. Urang awak menyebut bofet untuk warung makan selain menyebut dengan lapau. Ada Bofet Nasi Goreng Patai Mimim di Alang Laweh, Bofet Lamun Ombak di Ulak karang. Bofet Kubang, Bofet Nan Di Hati, Bofet Saiyo dan banyak lainnya.

Dulu waktu kecil saya sering mendengar orang-orang tua menyebut ‘rabeweh’ untuk surat-surat kendaraan dan ‘raun-raun’ untuk menyebut berjalan-jalan keliling yang berasal dari Bahasa Belanda. Namun sekarang setelah mereka yang tua-tua tiada kata-kata itu juga ikut ditelan masa.

Ditinjau dari segi durasi Belanda berinteraksi dengan Nusantara. Diawali dengan kedatangan VOC pada 1498 hingga pengakuan kedaulatan Indonesia pada Konfrensi Meja Bundar 27 Desember 1949 sedikit sekali kebudayaan yang mereka tinggalkan untuk kita. Kita beruntung Belanda tidak seperti Spanyol dan Portugal yang menyebarkan Injil kepada daerah jajahannya. Namun Belanda juga tidak meninggalkan Bahasa kecuali bagi kalangan terbatas yaitu para sarjana dan priyayi.

Berbeda dengan Spanyol dan Portugal yang menyebarkan injil dan Bahasa, serta seluruh produk kebudayaan di Amerika Selatan. Sedangkan Prancis tidak menyebarkan Injil (agama) namun meninggalkan Bahasa di daerah jajahannya. Hampir semua negara jajahan Prancis di Afrika utara seperti Aljazair, Moroko dan Tunisia termasuk juga Suriah di Timur Tengah dapat berbahasa Prancis.

Nah, pertanyaannya kenapa kenapa bofet (buffet) yang berasal dari Bahasa Prancis di serap kedalam Bahasa Minang ?

****

Al Albana, Ramadhan 1439

Kategori Khasanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close