Khabar Kabur

Hai orang-orang beriman, jika datang kepada kamu seorang fasik membawa suatu berita, maka bersungguh-sungguhlah mencari kejelasan agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa pengetahuan yang menyebabkan kamu atas perbuatan kamu menjadi orang-orang yang menyesal.”

(Al Qur’an Surah Al hujurat ayat 8)

Dari ayat ini menitikberatkan kepada kita (kaum muslimin) untuk memeriksa, meneliti mencari kejelasan atas khabar tersebut agar tidak menimpakan sesuatu musibah yang buruk terhadap seseorang, sekelompok, yang pada ujung menimbulkan penyesalan.

Tidak ada perintah sebarkan! Agar semua orang tahu tidak ada pula tuntunan viralkan! Kita cuma disuruh memeriksa, mencari kejelasan, meneliti. Semua itu untuk khabar secara umum, sedangkan khabar yang tidak penting yang dibawa oleh orang fasik, kita (orang beriman) tidak dituntut untuk menyelidiki kebenaran informasi dari siapa pun yang tidak penting, bahkan didengarkan tidak wajar, karena jika demikian akan banyak energi dan waktu yang dihamburkan untuk hal-hal yang tidak penting.

Coba bayangkan puluhan atau bahkan ratusan khabar yang kita dapatkan di media sosial ; facebook, Whats App Group, Twiter dan media daring lainnya. Sanggupkah kita memverifikasi? Cukupkah waktu kita untuk memeriksa dan meneliti? Punya akses kapasitaskah kita sebelum menyatakan “yes” berita ini valid.

Saya tidak. Tidak punya kapasitas dan kompentensi untuk itu. Tidak punya waktu dan akses dalam memvalidasi. Maka saya tinggalkan group-group whats app, facebook, fanspage, kecuali sedikit saja yang berfokus dalam satu topik saja. Group Budi daya ikan lele misalnya atau Komunitas Pemburu Demit. Yang kira-kira tidak menimpakan yang buruk terhadap sesama.

****

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close