DOA MANDEH

Dari sekian banyak kenangan mudik yang sangat saya rindukan adalah ketika amak berucap ” Amak salalu mando’akan kalian anak-anak sarato cucu amak, untuak kamudahan razaki, kesehatan, rukun barumah tanggo,akur baadiak-kakak”. Lanjutnya, “pulang juolah satiok rayo kok lai ado ongkos untuak pulang , amak ndak paralu diagiah pitih doh,kalau untuak ka makan amak lai cukuiknyo”.
Kalimat yang sederhana dalam bentuk do’a dan harapan serta kerendahan hati untuk menerima takdir Allah. Tapi sangat dalam maknanya jika keluar dari mulut seorang ibu.

Do’a Mandeh, entah mengapa sejak malam takbiran kalimat itu selalu tergiang-ngiang ditelinga, seperti baru kemarin diucapkan oleh amak. Padahal sudah hampir 5 tahun saya tidak pernah mendapatkannya. 4 Muharam 1432 H amak meninggalkan kami semua.

Do’a mandeh adalah penawar dari segala kepedihan, luka-lara dan penderitaan. Problematika kehidupan seberat apapun seolah-olah hilang seketika ketika mendengar ucapan “satiok salasai sholat amak taruih mando’akan kalian, insyaallah akan elok-elok sajo asal jan ditinggakan sembahyang, jan mangarajokan nan dilarang allah”.

Hari kedua lebaran ini saya ingin berpesan buat sahabat yang berkesempatan mudik ke kampung halaman dan masih punya orang tua terutama ibu. Kurangilah acara reuni, temu kangen sama teman sekolahan, teman kuliah, atau mantan. Kecuali jika reunian boleh bawa ibu, monggo silakan diajak. Kalau ada rencana pergi ketempat rekreasi silakan ajak ibumu. Luangkanlah lebih banyak waktu untuk ibumu. Lebih banyak ngobrol, ikuti aktifitasnya.
Jangan pulang hanya setahuan sekali hanya membuat ibu sedih karena terlalu sibuk dengan acara reunian dan ketemu teman-teman.

****

Al Albana, Pulau Dewata 1437 H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close