SIMULAKRA PANGGUNG DEMOKRASI

Percayalah kalau ada Parpol atau koalisi Parpol yang cuap-cuap akan mengusung calon diluar Jokowi dan Prabowo, curigailah bahwa yang mereka lakukan hanyalah untuk menaikan perolehan suara di legislatif atau setidak sedang mempertahankan agar kursi Parpol mereka di DPR tidak semakin tergerus. Mereka tidak sedang benar-benar bertarung untuk memenangkan RI-1, paling kencang syukur-syukur dilirik menjadi calon RI-2 diantara dua calon yang sudah ada.

Momentum Pileg dan Pilpres dibuat seolah-olah genting dan penting ‘gaswat-darurat stadium empat’. Gaungnya dijaga kencang agar ada alasan bagi elite politik dari Parpol atau Ormas untuk ‘merogoh’ kantong dari para cukong-konglomerat. Sementara bagi para relawan dan tim sukses inilah kesempatan untuk menaikan nilai tawar, kalau tak ingin disebut kesempatan memperkaya diri.

Sederhananya hiruk pikuk politik dengan segala kegaduhan ini akan menjadi kesempatan bagi para elite Parpol dan Ormas mengeruk uang Para Konglomerat selanjutnya bagi para Tim Sukses dan relawan ‘mencopet’ uang itu dari para elite tentu tidak semuanya, begitu terus selanjutnya hingga ke bawah. Tapi celakanya akar rumput hanya kebagian dompet kosong yang sudah kosong.

Selanjutnya hajatan dihelat. Pesta rampung. Pemenang dan koalisi serta para cukung beramai-ramai merampas sumber daya alam. Bahkan tak jarang juga mengajak partai (koalisi partai) yang mereka kalahkan. Tidak percaya lihat posisi Golkar pada Pilpres 2014 sekarang mereka juga ikutan merampas sumber daya alam. Masih ragu?, selidiki rekam jejak para politisi–baik yang ada di eksekutif maupun legislatif–yang ditangkap KPK seperti apa peran mereka pada Pemilu 2014 lalu.

Begitulah kura-kura.

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close