Arab Phobia Pada Dahulu Kala

Dahulu, dahulu sekali, pasca runtuh Majapahit. Pada awal abad ke-16 Hiduplah seorang syahbandar di Tuban. Seorang berdarah Moro kelahiran Ispanya (Spanyol) bernama Iskak Indrajit lebih dikenal dengamnm Rangga Iskak. Ia dipercaya oleh Adipati Tuban-Arya Teja Wilwantika sebagai Syahbandar di Tuban-Pesisir Utara Jawa karena kecakapannya dalam berbahasa Arab, Melayu dan Jawa, serta bisa tulis-baca baik dalam Arab maupun Melayu.

Jarang sekali pada masa itu, pribumi yang mampu menguasai keahliaan seperti ini pada masa itu. Hampir seluruh syahbandar di seluruh nusantara adalah keturunan Arab yang fasih Berbahasa Arab seperti Rangga Iskak.

Rangga Iskak membenci segala hal yang berhubungan dengan Arab, kecuali dirinya dan Islam.

Apa sebab ? tak mungkin terjadi begitu saja. Seperti Hitler yang anti semit, akibat nenek-ibu dari ayahnya-mengalami pelecehan seksual oleh seorang Yahudi hingga melahirkan Bapaknya. Hitler membumi-hanguskan desa kelahirannya di Austria. Begitu pula dengan Rangga Ishkak sehingga terjebak dalam labirin kebencian yang tak berujung terhadap segala yang berhubungan dengan Arab.

Sayyid Mahmud Al Baidawi alis Tholib Sungkar Az Zubaid, setelah berkhianat pada Malaka lebih dikenal dengan nama Sayyid Habibullah Almasawa, sosok inilah yang mengawali kebencian Rangga Iskak terhadap segala yang berbau Arab. Ia menyumpahi dan mengutuk semua orang Arab di atas bumi ini kecuali yang tertulis dalam Al Qur’an, Hadist dan tarikh.

Sayyid Habibullah Al Masawa adalah Syahbandar kerajaan Malaka. Ia mendapatkan jabatan itu karena kefasihannya berbahasa Arab, Portugis, Spanyol serta kecakapan dalam menyenangkan hati sang Raja. Dengan demikian Syahbandar sebelumnya-Kakak dari Rangga Iskak tersingkir dari jabatannya. Sayyid Al Musawa menggantikannya hingga Malaka dikuasai Portugis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close