Penanggalan Hijriah

Hari ini diperingari sebagai hari Radio Nasional, Tahun Baru Islam, dan Peringatan Bom Bali. Namun bagi saya hari ini–sudah 12 kali bulan mengelilingi bumi yang dalam penanggalan komoriah (bulan) yang digunakan umat islam disebut penanggalan hijriah– tepat setahun menggunakan penanggalan hijriah untuk kepentingan sendiri sedangkan untuk berhubungan dengan orang lain masih menggunakan penanggalan matahari (masehi).

Awalnya terbata-bata dan sering keliru, namun setelah memaksakan diri akhirnya lancar bahkan saat ini jika ditanya tanggal dalam kalender masehi saya harus melihat tanggal yang ada di telepon seluler. Hampir semua peristiwa penting dalam perjalanan hidup sejak setahun belakangan saya catat dan ingat dalam penanggalan hijriah.

Dahulu, dahulu sekali, saat usia belasan, ketika nenek yang hanya bisa aksara hijaiyah (tidak bisa latin) masih hidup beberapa kali pernah menanyakan
“alah bara umur bulan kini?”–tanggal berapa sekarang?
saya jawab “tanggal 17 Uwo”
“Bukannyo seminggu lagi puaso? kok masih tanggal 17” sanggahnya.
Saya mencomot kalender yang menempel di dinding lagu menyerahkan padanya.
“Iko tanggal kini 17, puaso nanti tanggal 24” saya meyakinkan.
“Puaso mulai 1 Ramadhan” balasnya.
Saya bingung. Dia pun demikian.

Ketika itu saya masih duduk di bangku SMP, Satu-satunya penanggalan yang saya ketahui-mungkin juga siswa lainnya-hanya penanggalan masehi. Maka kita sering bingung jika ditanya kapan mulai puasa, kapan lebaran, kapan puasa arafah. Apalagi bagi mereka yang tidak paham bahwa dalam penentuan 1 Ramadhan dan 1 syawal melalui sidang isbat dengan menggunakan metoda rukhiyat hilal atau hisab dengan enteng menyalahkan “bagaimana sih, ketupat sudah jadi, masa lebaran ditunda?”, seperti yang terjadi beberapa tahun lalu.

Mari, kita gunakan penanggalan hijriah untuk kepentingan pribadi kita masing-masing sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan islam. Silakan sebutkan dalam hari nama-nama bulan hijriah secara berurutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close