SERAGAM LORENG UNTUK KAMUFLASE

Pada dasarnya seragam loreng yang digunakan oleh tentara di seluruh dunia, walaupun berbeda warna dan corak berfungsi untuk kamuflase agar tidak terlihat oleh musuh. Singkatnya untuk mengelabui agar musuh tertipu. Disesuikan dengan medan tempur masing-masing. Misalnya TNI-AD Loreng-Hijau untuk berkamuflase di hutan atau padang rumput yang hijau, TNI-AL, Loreng-Biru menyesaikan dengan warna laut, TNI-AU Loreng-Biru Muda seperti warna langit. Tentara Arab loreng Abu-abu menyesuaikan warna gurun pasir.

Seragam loreng juga diadopsi oleh ormas termasuk Banser NU, Kokam Muhammadiyah, Pemuda Pancasila dan lainnya. Saya heran apakah ormas kepemudaan ini juga butuh kamuflase saat membantu warga? Misalnya pendistribusian sembako untuk korban Gempa Lombok dan Palu, atau saat kerja bakti membantu warga membersihkan got?Jika memang begitu sungguh ikhlas sekali bantuan mereka tanpa ingin diketahui apalagi dikenang. Tapi pastinya Banser dengan seragam loreng tak bisa menyusup ke dalam barisan massa HTI yang sedang demo dengan pakaian Hitam-Putih, pasti kelihatan.

Nah yang kejadian pembakaran itu lebih ambigu lagi. Berpakaian loreng, melakukan aksi malam hari. Ini sih sudah tepat agar tidak terlihat, tapi anehnya direkam lalu disebarkan kepada dunia maya tak bersekat ini. Lucukan? bersembunyi di balik ‘selimut’ malan dan pakaian loreng agar tidak terlihat tapi direkam bukan untuk dokumentasi pribadi tapi diunggah agar seluruh dunia tahu aksi yang mereka lakukan.

Dunia saat ini memang dipenuhi oleh hal-hal yang tak tercerna oleh akal kita yang standard ini. Tindakan lucu dan menggelikan ini semakin menjadi-jadi dan tidak akan berhenti di sini, rentetan kelucuan dan keganjilan akan terus terjadi. Barangkali pelaku menganggap ini sebagai sebuah lelucon untuk seru-seruan seperti yang dilakukan oleh youtuber babi ‘panggang kurma’. Demi mendapatkan follower dan dibilang lucu berani menempuh cara kontroversi termasuk melangkahi garis yang disakralkan oleh umat agama.

****

Kategori Esai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close