Pak Ndul

Bila saja kita bertemu lansung dengan Bapak ini dipastikan kita menyangka beliau orang gila yang terobsesi menjadi saintis futuristik, sehingga mampu memikirkan hingga 50 tahun ke depan . Namun karena ini video berbagi maka kita lansung yakin bahwa ini untuk lucu-lucuan.

Pemaparan Bapak Ndul ini yang menyebut dirinya Ahlinya Ahli, Intinya Inti dan Core of the core tidak hanya lucu secara mimik, cara bertutur tapi juga pemilihan diksi yang serasi dan koheren. Sulit. Butuh konsistensi. Apalagi dipaparkan secara lisan. Lain halnya jika disampaikan sacara tertulis. Saya rasa Bapak ini jauh lebih jenius daripada Vicky Prasetio.

Video “Toang Listrik” (tiang listrik berjenis kelamin laki-laki) Bapak Ndul –Saitis Utusan PBB– telah menemukan “Metode Baru” untuk mengatisipasi tanaman padi dari cuaca buruk. Begitu badai datang petani cukup mengetik *#MLEDOZ# dari smartphone, maka padi akan melakukan self-destruction secara automatis.

Video ini sebuah Pseudosains yang dibuat untuk melucu. Namun tak gampang untuk membuat narasi yang koheren, apalagi pemilihan disksi dibidang sains. Bagi saya video ini sebuah penyegar di tengah kepungan hoaks bernarasi pendek yang sering diklaim ilmiah. Atau youtuber dengan lawakan yang seringkali menyinggung identitas atau agama.

Nah, bagaimana pula jika konten serupa atau semacam ini keluar dari politisi yang kita puja dan bela habis-habisan. Mampukah kita menyebutnya sebagai sesuatu yang absurd dan mustahil atau tetap menganggap sebuah kebenaran yang perlu dibela dengan mencari-cari alasan pembenaran?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close