Six Degrees of Separation

Beberapa kali didatangi oleh ‘Pemulung Suara’ selalu saya ladeni dengam baik sebisa yang saya mampu. Semakin dekat pemilu sebagian orang merasa semakin dekat dan berkerabat serta bersahabat dengan siapa saja yang ingin di’prospeknya. Ada saja hubungan kekerabatan yang disangkutkan agar tidak canggung untuk memulai obrolan yang hampir selalu diakhiri dengan kalimat pamungkas “Mohon do’a bantuannya ya tanggal 17 April nanti!”

“Tapi sayang Pak, KTP saya tidak di sini, saya masuk Dapil Wakanda Utara” saya mengelak dan ia pun pamit dan berlalu.

Sebenarnya tidak salah juga, mereka yang berusaha mencari hubungan kekerabatn agar pembicaraan lebih hangat dan intim namun sayang momentum dan niatnya saja yang kurang tepat. Bahkan menurut John Guare dalam Six Degrees of Separation bahwa secara garis besarnya 7,3 milyar penghuni bumi ini rata terpisah enam derajat atau enam langkah. Dengan kata lain dua orang yang tidak saling kenal di dunia dapat dihubungkan Siapapun di dunia ini, misalnya Parti, Asisten Rumah Tangga Syahrini–penyanyi yang lebih sering membuat sensasi daripada bernyanyi–adalah teman tetangga dari Dokter Gigi langganan kakak iparmu.

Kembali ke soal pemilu, sampai saat ini saya masih golput untuk Pilpres dan Pileg kecuali DPD, tidak tahu nanti saat dibilik suara. Bisa saja berubah. Jangankan soal pemilu yang hanya untuk waktu 5 tahun serta tidak terkait lansung dengan kita, bahkan saya pernah menghadari resepsi pernikahan tanpa pengantin pria di pelaminan karena membatalkan beberapa saat menjelang hari H, sehingga acara resepsi tidak dapat dibatalkan. Sejatinya pernikahan adalah kontrak seumur hidup sedangkan pemilu hanya kontrak lima tahunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close