Kenangan Ramadhon Tempo Doeloe (1)

Capeklah ka sarau lai, sabanta ko bundo lalu mambawo manggih”, “capeklah! Sabana gadang kwini di bawo cetek”, atau Ma’ Uwo alah lalu tadi, inyo manjujuang dulang mungkin mambawo lapek karano tadi siang menantunyo maantakan pabukoan” dan banyak kalimat-kalimat lainnya yang membuat kami bergegas menuju surau saat masih bercanda dan bersenda gurau di gang menuju surau. Kadang kala masih asyik dengan mobil-mobilan yang rodanya terbuat dari sandal jepit dan body dari kaleng susu.

Lebih dari 3 dekade silam, Ramadhan adalah bulan yang kami tunggu-tunggu terlebih syawal karena akan memiliki baju baru. Tentunya bukan karena Ramadhan bulan yang penuh berkah dimana pahala dilipat-gandakan dan segala dosa akan diampuni. Bukan, kami anak-anak kecil tidak tahu itu, tepat belum paham tentang itu. Ramadhan bagi kami, bulan alokasi waktu untuk bermain bersama lebih banyak. Jika pada hari-hari biasa hanya siang namun di bulan Ramadhan malam selepas berbuka hingga sebelum taraweh merupakan waktu yang paling menyenangkan untuk bermain bersama sahabat di bawah temaran cahaya bulan.

Pada masa itu, ibadah sholat Taraweh dilaksanakan pukul 23.00. Jeda waktu setelah berbuka hingga sholat Taraweh ini kami gunakan untuk aneka permainan di halaman Surau atau sekitar kampung. Namun jika one-one, etek-etek atau andung-anduang yang kami kenal sebagai dermawan karena sering berbagi buah-buahan telah datang ke Surau, maka kami anak-anak yang masih kecil bergegas ke Surau. Sebelum masuk berwudhu dan bergabung dengan ke dalam lingkaran tadarusan yang sedang berlansung. Setelah mendapat giliran membaca Al Qur’an 1-2 halaman, celingak-celinguk memandangi makanan atau buah-buahan yang ada di tengah. Mengulurkan tangan untuk menjangkau dengan sedikit malu-malu. Terkadang dapat manggis, lain waktu ada kwini, sekali-kali biasanya di pengujung Ramadhan ada Lamang-Tapai (Lemang yang dimakan dengan tape ketan hitam). Selesai. Kenyang. Menarik diri secara klandestin untuk bermain lagi di halaman surau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close