Belas

Dua belas tahun tahun belajar berhitung (matematika) dan Bahasa Indonesia di Sekolah. Bahkan lanjut lagi beberapa SKS di perguruan tinggi, baru sekarang terpikirkan oleh saya kenala kita menyebut ; sebelelas, dua belas, tiga belas dan seterusnya hingga sembilan belas untuk angka ; 11, 12, 13 dan seterusnya hingga 19. Sedangkan kita membaca dua puluh satu, dua puluh dua, dua puluh tiga dan seterusnya hingga dua puluh sembilan untuk 21, 22, 23 dan seterusnya hingga 29. Begitu pula tiga puluh satu (31), tiga puluh dua (32) tiga puluh tiga (33) dan seterusnya. Untuk 41 hingga 49 juga demikian, serta untuk puluhan lainnya hingga ratusan.

Pertanyaanya, kepada kita mengenal kata belas untuk bilangan 11-19 sedangkan untuk puluhan lainn tidak. Kenapa kita menyebut sepuluh satu untuk 11, sepuluh dua untuk 12, sepuluh tiga untuk 13 dan seterusnya hingga sepuluh sembilan untuk 19 agar sama dengaj cara penyebutan untuk puluhan lainnya.

Selanjutnya kenapa tidak menyebut sebelas ratus untuk 1.100 sedangkan kita mengenal sebelas ribu (11.000), sebelas juta (11.000), sebelas milyar (11.000.000.000).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close