Film

Film merupakan produk kebudayaan. Dihasilkan dari pembauran antara seni dan teknologi. Bertujan menyampaikan realitas dalam rangka mencapai suatu nilai. Nilai itu bisa jadi berupa cita-cita bahkan ideologi. Maka dari itu wajar saja film digunakan sebagai alat propaganda. Terlebih dalam budaya populer saat ini. Menyampaikan suatu nilai (ideologis) menggunakan media buku sudah kurang mangkus dan sangkil, karena dunia bergerak sangat cepat. Tinggal segilintir orang yang masih setia membalik lembar demi lembar kertas dengan sabar. Terlebih negara dengan tingakat literasi yang memprihatinkan ini. Media audiovisual merupakan sarana propaganda yang tepat dan cerdas. Termasuk film karya seni kontemporer.

Namun perlu diingat film merupakan karya seni. Sebagaimana seni umumnya terikat erat dengan estetika. Film yang bagus harus melalui tahapan estetika bagus pula. Jangan sampai terbebani oleh ideologis yang diusung sehingga abai terhadap tahapan estetika seperti ; pemilihan produser, sutradara, penulis naskah, artis serta alur cerita.

Jika ini terjadi–abai terhadap tahapan estetika–sehingga menihilkan unsur artistik maka sebuah film hanya akan ditonton oleh kalangan ideologis sendiri yang sekadar mengamini unsur tersebut saja. Apa bedanya dengan mendengarkan orasi, pidato atau ceramah. Sedangkan film yang bagus nilai-nilai yang disampaikan meresap, merambat pelan ke alam bawah sadar bukan menghantam dan mengguncang seperti mendengarkan orasi.

Gejala seperti ini terlihat pada film A Man Called Ahok dan Hanum & Rangga. Persuasi masif yang dibuat kedua belah pihak untuk mempromosikannya terasa seperti seruan mobilisasi massa. Ujung-ujungnya tidak membuat kalangan di luar mereka tertarik menonton, malah membuat garis tegas antara ‘kita’ dan ‘mereka’. Saya tidak menonton kedua film ini, karena sudah eneg duluan akibat promosi masif di media sosial oleh kedua kubu menjelang pemilu lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close