Muhammad Yamin ‘membesarkan’ Gajah Mada & Majapahit

Meskipun bukan berdarah Jawa, Yamin punya andil besar dalam ‘membesarkan’ Gajah Mada dan Majapahit dalam rangka menumbuhkan nasionalisme rakyat Indonesia untuk melawan kolonialisme. Glorifikasi yang dilakuian Yamin dalam rangka menumbuhkan percaya diri bumiputera bahwa nenek moyong kita adalah bangsa yang besar yaitu Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang pernah menguasai hampir seluruh Asia Tenggara. Meskipun belakangan ini banyak diragukan oleh sejarahwan.

Wajah Gajah Mada yang kita kenal saat ini juga khayalan Yamin, ketika menemukan sebuah celengan kuno dengan arsiran wajah yang ia temukan saat berkunjung ke Trowulan, situs peninggalan Majapahit. Lalu ia meminta seorang pelukis untuk melukis arsiran wajah di celengan yang ia yakini sebagai wajah Gajahmada itu pada selembar kanvas. Tentu saja hal yang dilakukan Yamin ini ditentang oleh Arkeolog karena tidak mengindahkan prinsip ilmiah dalam arkeologi. Dengan enteng ia menjawab “jika ada yang tidak sepakat silakan membuktikan sebaliknya yang benar.

Bahkan sebagian orang menduga bahwa Gajah Mada yang kita kenal saat ini adalah wajah Yamin sendiri dalam tampilan abad ke-14. Ya. Seperti sebagian orang menduga Monalisa adalah wajah Leonardo Da Vinci versi seorang perempuan.

Yamin memang seorang yang penuh kontroversi. Ketika terjadi Pergolakan PRRI, sebagai seorang Nasionalis tulen dan Sukarnois ia setuju pemerintah pusat menyelesaikan dengan langkah militer. Karena inilah ia dibenci oleh orang Minang, suku ia berasal. Bahkan ketika ia meninggal dan sesuai pesannya minta dimakamkan di Talawi tanah kelahirannya, jenazahnya di tolak hingga Buya Hamka menyelesaikan dan akhirnya jenazah bisa dimakamkan sesuai yang ia amanatkan.

Bahkan saat awal perumusan UUD pada sidang BPUPKI, Yamin sudah mengusulakan sebuah komisi yang mengkaji tentang Undang-undang. Baru pasca setelah 55 tahun usulan Yamin terwujud dengan berdirinya Makamah Konstitusi yang kita kenal sekarang.

****

Al Albana, 9 Safar 1441

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close