Penanggalan Hijriah

Saya tersenyum kecut saat membuka broadcast ini melalui whatApp semalam ; Jum’at 27 Jumadil Akhir 1441. Miris. Bagaimana umat islam tidak tahu penanggalan hijriah, milik umat Islam sendiri. Warisan yang dilupakan, tidak terjaga oleh kita. Padahal Islam pernah menguasai peradaban dunia, dan sistim kalender hijriah ini digunakan secara luas pada zamab kejayaan islam.

Semalam bukan 1 Rajab seperti yang tertulis di broadcast ini, tapi masih 27 Jumadil Akhir. Dari sini jelas si pengirim (penyebar) tidak paham tentang penanggalan hijriah. Barangkali broadcast ini dibuat pada tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya yang 1 Rajab jatuh pada hari jum’at. Untung ini hanya himbauan agar orang-orang saling memberitahu bahwa bulan Rajab telah masuk. Bayangkan kita jika broadcast ini berisi pemberitahuan bahwa 1 Ramadhan telah tiba, 1 Syawal telah datang, Besok Puasa Arofah, besok Hari Tasryik. Nah yang beginian bisa bikin masalah.

Menggunakan penanggalan hijriah memang bukan bagian dari syariat, namun semua ibadah dalam islam berdasarkan penanggalan hijriah; Puasa Ramadhan di mulai dari 1-29/30 Ramadhan, Idul Fitri jatuh pada 1 Syawal, Puasa Arofah 9 Dzulhizah, Idul Adha pada 10 Dzulhizah, Hari Tasryk pada 11,12,13 Dzulhizah, Tahun Baru Islam 1 Muharram, Puasa Asura 9-10 Muharam, Puasa Ayyamul Bidh 13,14,15 pada setiap bulan hijriah kecuali bertepatan dengan waktu-waktu larangan berpuasa. Tak satu pun ibadah tersebut yang merujuk pada penanggalan masehi. Tak lebih hanya sekadar konversinya saja misalnya 1 Ramadhan 1441 bertepatan dengan 22/23 April 2020.

Pergantian tahun masehi tahun lalu kami berada di medan. Kemeriahan pergantian tahun menghiasi sepanjang jalan dan pusat kota, apalagi di dunia maya. Meskipun tidak seribut tahun-tahun sebelumnya Pro-kontra perayaan tahun baru masih tersisa. Sependek pengamatan saya, setidaknya ada tiga kelompok kaum muslimin dalam mensikapi tahun baru masehi ; (1) Kaum muslimin yang ikut hanyut dalam kehidupan hedonis dan konsumtif pada perayaan tahun baru masehi, (2) Kaum muslimin yang mengharamkan perayaan tahun baru masehi bagi umat Islam, jangankan perayaan tahun baru masehi, perayaan tahun baru hijriah saja dianggap bi’ad oleh kelompok ini, (3) Kaum muslimin yang meng-islam-kan pergantian tahun baru masehi. Kelompok ini melakukan pengajian hingga zikir bersama di masjid, mushola dan surau dalam rangka perayaan pergantian masehi.

Beberapa tahun lalu, saya pernah ngobrol dengan seorang kerabat yang usianya jauh dibawah saya. Masih muda.  Namun saya kagum atas semangatnya membela Islam. Dengan semangat mengebu-gebu ia  bercerita panjang lebar tentang Piagam Djakarta, Tokoh-tokoh Islam pendiri NKRI, Penegakan Syariat Islam, NKRI Bersyariah dan banyak hal lainnya, saya berkhidmat mendengarkannya. “Ajo rajin menulis di media sosial tapi ndak pernah membela Islam” begitu tuduhannya kepada saya. Lalu saya balik bertanya tanggal lahirnya, ia menyebutkan dalam penanggalan masehi. “Kalau dalam penanggalan hijriah” saya balik mencecar. Ia tak bisa jawab. Kasihan ia tak bisa jawab, saya tanya hari ini dalam penanggalan hijriah, masih tidak bisa juga. Agar lebih ringan lagi saya memintanya menyebutkan nama-nama bulan dalam penanggalan hijriah. Ia tak menjawab, lalu memasang sandal dan pamit pulang. Beberapa hari kemudian ia memutuskan pertemanan dengan saya di facebook. Belum puas saya pun diblokir.

Saya bukanlah tipikal orang yang suka anti-antian apalagi gemar memboikot tanpa landasan yang kuat, begitu pula terhadap penanggalan masehi. Saya tidak pula sedang mengajak anda sekalian memboikot penanggalan masehi. Selain mustahil tapi juga tidak perlu. Saya hanya mengajak anda untuk merawat warisan kebudayaan Islam salah satunya penanggalan hijriah dengan cara menyandingkan penanggalan hijriah di samping penanggalan masehi. Mari kita gunakan keduanya sesuai kebutuhan. Dalam hal ibadah kita membutuhkan penanggalan hijriah sedangkan dal hal-hal yang bersifat duniawi kita membutuhkan penanggalan masehi.

****

Al Albana, Jum’at 27 Jumadil Akhir 1441

Kategori Telaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close