Polemik Penaggalan Hijriah

Polemik penanggalan hijriah, dalam hal ini penetapan awal Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha disebabkan karena kita mengkonversi ke penanggalan masehi. Meskipun berbeda-beda, di belahan bumi manapun, awal puasa 1 Ramadhan, Idul Fitri 1 Syawal, Idul Adha 10 Dzulhijjah berdasarkan penanggalan hijriah masing-masing.

Masalahnya muncul karena kita mengenal dan mengkonversinya ke penanggalan Masehi. Misalnya tahun ini. Di Saudi, Idul Adha bertepatan dengan Sabtu, 9 Juli 2022, sedang di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Asia Tenggara pada umum Idul Adha bertepatan dengan Minggu, 10 Juli 2022. Kita sebut berbeda. Padahal sama-sama 10 Dzulhijjah. Itu tadi karena kita mengkonversi ke penaggalan Masehi.

Mari kita bicara pakai skema GMT saja, lupakan dulu konsep hari, tanggal. Seakan-akan peradaban saat ini belum mengenal tanggal dan hari.

Berdasarkan GMT Indonesia +7 GMT sedangkan Saudi +3 GMT. Letak geografis Indonesia yang lebih ke timur menyebabkan Indonesia lebih dulu 4 jam dari Arab Saudi. Itu kesepakan para ahli astronomi. Namun bisa juga Indonesia 20 jam lebih lambat dari Saudi.
Kok bisa Indonesia lebih lambat 20 Jam dari Saudi?

Ya, bisa. Yang memutuskan dan menetapkan timur lebih dulu dari barat hanya konsensus ahli astronomi. Karena kebutuhan dan juga penyeragaman dalam penanggalan dan ilmu-ilmu lainnya.

Kita analogikan seperti begini. Anggap suatu taman berbentuk lingkaran dengan jari-jari 7 meter. Dikelilingi oleh 44 murid TK. Agar seluruh keliling lingkaran ditempati dengan merata, maka masing-masing anak berjarak 1 m. Setiap murid meletakan kedua tangan di pundak teman yang beraada di samping kanannya. Kemudian minta seluruh murid bergerak mengelilingi lingkaran terus-menerus. Tiada henti. Terus-terusan.

Siapakah yang paling depan ? Dan siapa yang belakang?
Ya, nggak ada, tidak ada yang paling depan, dan tidak ada yang paling belakang. Yang ada murid B dibelakang murid A, murid C di depan D dan seterusnya. Jika nama murid di urut dengan abjad, murid yang terdepan, A namun dia memegang pundak murid murid Z. Artinya murid A juga dapat disebut berada dibelakang murid Z. Itu karena meraka bergerak secara melingkar atau rotasi, lain halnya jika mereka bergerak horizontal menuju satu titik. Nah begitu pula bumi berotasi yang menyebabkan perbedaan waktu. Bahwa untuk kebutuhan dan penyeragaman para ahli astronomi menetapkan bahwa timur lebih dalu dari barat. Ini kesepakatan. Kensensus umum saat ini. Namun bukan hal mustahil jika nanti tahun 2500, sekian para ahli bersepakat menetapkan barat lebih dulu dari timur bisa. Asalkan seluruh hal yang terkaitnya juga ikut diubah.

Jika belum paham, kita ambil contoh Samoa Barat dan Samoa Timur yang bertetangga. Berjarak hanya sesemburan dahak seperti Batam dengan Singapura. Saat saya menulis ini ; Selasa, 5 Juli 2022 pukul 14.29. WIB. Waktu saat ini di Samoa Barat, Senin, 4 Juli 2022 pukul 20.29 sedangkan di Samoa Timur, selasa 5 Juli pukul 20.29. Meskipun bertetangga Samoa Barat di bawah Amerika sedangkan Samoa Timur dibawah Prancis, perbedaaan waktu mereka bukan hitungan jam lagi tapi hari yaitu 24 jam atau 1 hari. Sudah beda tanggal dan hari walaupun jam masih sama. Ini disebabkan kesepakatan para ahli astonomi menetapkan batas bujur barat dan bujur timur di antara kedua negara kepulauan pasifik ini. Samoa Barat -11 GMT sedangkan Samoa Timur +13 GMT. Jadi perbedaan waktu antara Samoa Barat dan Samoa Timur 24 Jam alias satu haru.
Bingungkan?

Kembali ke masalah perbedaaan penanggalan Hijriah. Misal bulan Dzulhijjah tahun ini. Pada akhir 29 Dzulqaidah yang bertepatan 29 Juni 2022 lalu ternyata di Indonesia belum atau tidak terlihat hilal. Maka di Indonesia Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian Agama memutuskan Dqulqaidah digenapkan menjadi 30, besok (30 Juni) masih 30 Dzulqaidah belum masuk bulan baru ; Dzulhijjah. Ternyata, hilal mulai terlihat di negeri-negeri sebelah barat Indonesia. Contohnya Saudi, maka Saudi akan masuk bulan baru ; Dzulhijjah pada 29 juni, sedang di Indonesia, saat magrib tanggal 29 juni belum masuk bulan baru (karena tidak terlihat hilal). Maka Indonesia akan masuk bulan baru besoknya (30 jun). Meskipun kelihatannya beda tanggal (masehi) , tapi sebenarnya hanya selisih 20 jam (belum sehari / 24 jam) dari Saudi.

Lantas begaimana hari raya Indonesia bersamaan dengan Saudi? Bagaimana itu bisa terjadi? Saat disebut sama, itu sebenarnya tidak sama. Kita tidak pernah bareng dengan Saudi. Kita pasti lebih cepat 4 jam atau bisa juga lebih lambat 20 jam. Pilihannya hanya dua ini. Yang sama hanya tanggal masehinya. Ingat tanggal masehinya.

Saat disebut sama, hilal sudah terlihat di Indonesia. Maka Indonesia akan masuk bulan baru. Pada saat Indonesia memetapkan sudah terlihat hilal (bulan baru), Saudi baru sedangkan mempersiapkan Rukyatul, baru setelah 4 jam kemudian Arab Saudi akan masuk bulan baru juga. Saat terjadi seperti ini, tanggal/hari masehinya akan terjadi pada hari yang sama. Berbeda kalau Arab yang masuk bulan terlebih dahulu, pasti akan berbeda hari/tanggal masehi.

Dalam konteks yang lebih sempit, ibadah sunnah jumat, (seperti baca Yassin) yang kita lakukan, sebagian dilakukan pada kamis malam (masehi), tapi kita tidak pernah meributkan itu, karena pada pananggalan hijriah, kamis malam itu sudah masuk hari jumat pergantian hari dalam penaggalan hijriah adalah magrib. Sedangkan penaggalan masehi pukul 24 atau tengah malam.

Jadi kalau membicarakan penanggalan hijriah, jangan jadikan kalender Masehi sebagai standar kebenaran. Cukup gunakan kalender Masehi dipakai sebagai penanda saja.

Selamat menyabut Idul Adha baik bagi yang merayakan sabtu 9 Juli maupun Minggu 10 Juli, apa pun itu yang pasti Anda merayakan pada 10 Dzulhijjah.


Kategori Telaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close