Joging

Beberapa waktu silam, tak berselang lama setelah ceramah yang memancing kontroversi oleh seorang ustaz tentang berat ideal seorang isteri sholeha, kami seperti biasa–setiap minggu pagi mengabiskan waktu di GOR H. Agus Salim, kadang membawa raket badminton, ada saat bermain bola atau sekadar joging melingkari lapangan sepak bola, tapi tak pernah ikut senam–berkunjung ke GOR. Agus Salim. Kali ini saya memilih joging dulu sebelum bermain badminton dengan anak.

Sebagai orang Indonesia aseli–meski tak pernah ikutan teriak Saya Indonesia saya Pancasila atau NKRI Harga Mati dan berbagai macam jargon-jargon sebagai ekspresi Nasionalisme–tentu saja nasehat ‘ambil hikmahnya’ juga menjadi dasar bagi saya untuk mensikapi segala hal. Termasuk ucapan Ustaz yang menjadi kontroversi akibat dicabut dari konteksnya.

‘Ambil positifnya’, saya coba merubah sedikit narasinya, semoga tidak keluar dari konteks. Pagi ini ramai sekali orang-orang melakukan lari pagi di G.O.R. H. Agus Salim, lebih dari biasa tentu sejauh pengamatan saya. Karena saya tak punya data penjualan karcis masuk G.O.R.

Ada sekumpulan remaja belasan tahun. Sepengamatan saya masih SMU, lebih banyak remaja puteri yang ditemani beberapa putera. Mereka asyik mengeluarkan smartphone dengan aneka perlengkapan penunjang untuk berphoto swadaya seperti tongsis dan juga earphone untuk mendengarkan musik. Semuanya senang dan bergembira. Mereka cekikan, ketawa-ketiwi yang bikin iri para jomlo yang sedang meratapi kesendirian. Hei Ladies! matahari sudah sepenggalan kapan laripagi ?

Sekelompok pasangan-pasangan yang kira-kira usia 35-45 tahun. Awalnya mereka berlari kecil dengan pasangan masing-masing. Namun setelah satu putaran kelihatan polanya mulai terpolarisasi berdasarkan gender. Bapak-bapak ngumpul sesama, ibu-ibu pun demikian. Mereka tidak lari lagi, seakan-akan seperti jalan cepat. Lebih sering berhenti dan ngobrol. Tapi topiknya bukan poligami atau brondong. Maklum kedua kubu hanya berjarak beberapa langkah.

Sebagai Pemirsa Sinetron Dunia Terbalik dan penggemar Kamtib Aming–Kamandan Ciraos Agent Intelegent tentu mudah saja saya menangkap saripati pembicaraan mereka.

Seorang ibu yang awalnya saya duga Feni Rose, Oh bukan karena ‘belum sholihah’ (berat > 55 kg) hanya gerak bibirnya yang sama dengan Feni Rose host acara infotainment itu. “Aku tuh, tak tahan kepada yang manis-manis” curhat Feni Rose KW kepada temannya. Saya yang berada beberapa langkah di belakang mereka ambil ancang-ancang balik kanan, ‘wah bahaya ini guman’ saya dalam hati. Karena menurut isteri, saya juga ada manis-manisnya. Sejurus sebelum saya balik arah, Feni Rose KW melanjutkan ”Kayak Kolak, Surabi, apalagi Durian”. “Hindari itu, gula itu jahat lho bagi kesehatan, apalagi Durian” nasihat temannya sedikit lebih Sholihah versi berat badan.

Saya menambah kecepatan melewati gerombolan ibu-ibu segera menyalib kelompok Bapak-Bapak. Sedikit kurang jelas obrolan mereka, tapi saya dapat menangkap “Kalau mau keringat keluar cepat, makan Sate KMS ada banyak tempat, kalau saya di Kp Kalawi.” Ujar Bapak yang perutnya paling maju.

Halah. Kirain ngomongin tips dan trik olahraga. Perilaku semacam ini yang membuat Indonesia Slim 2025 sulit terwujud. Rasanya saya ingin ikut nimbrung dan memberi tahu.
Bapak-bapak, kalau mau yang paling enak cepat keluar keringat itu Soto Rajawali di Lolong 2.500 langkah dari sini ke Arah Barat, seberang Taman Makam Pahlawan. Percis di sebelah Rumah Makan Bernama. Berdiri sejak tahun 1975. Tapi takutnya nanti dikira endorse.

Nah tak perlu ribut-ribut kan menanggapi segala sesuatu yang kita tak sepakat, apalagi yang belum kita pahami, baik karena informasi yang dipotong-potong dan tambal sulam dengan aneka tambahan opini. Kalau pun tidak sudah dicabut dari konteks-nya. Biarkan saja mereka-mereka yang deman ribut pemakan bangkai saudara mengkonsumsinya. Kita ambil baiknya. Pagi yang cerah ini. Ramai ibu-ibu yang ingin menjadi isteri sholehah berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close