Andai Binatang Punya Akal

Berbeda dari biasa kali ini, kami membahas hal-hal yang agak berat menjelang tidur. Melampau sengkarut Pemilu yang belum juga mereda.

Setelah berkali-kali saya diuji dengan pertanyaan yang saya tak sanggup menjawabnya, seperti ; berapa jumlah makhluk hidup di bumi ini? Bisakah kita menghitung bintang? Atau Ayah percaya manusia bisa menciptakan mesin waktu suatu saat nanti, sehingga dengan mesin itu kita bisa mundur menilik kehidupan berabad-abad silam atau mengintip kehidupan abad 30?

“Sendainya hewan seperti kuda, harimau, serigala, elang, Lumba-lumba atau gajah juga diberi akal seperti manusia, apa yang terjadi di dunia ini” saya memulai dengan sebuah pertanyaan yang cukup berat.

“Barangkali Lumba-Lumba punya sekolah renang untuk manusia, Gajah menerima jasa penyiraman taman-taman milik manusia” jawab lelaki kecil ini.

“Bisa jadi kuda menjadi pelatih altet lari Indonesia yang akan berlaga di Asian Games, Ikan Paus membangun Waterboom yang disewakan untuk anak-anak sepertimu” saya menambahkan.

“Eitss. nanti dulu, itu semua terjadi jika manusia dan hewan bersinergi untuk saling memberi mamfaat, relasi yang sejajar tidak ada superior dan tidak ada pula yang inferior. Bagaimana jika hewan yang punya kelebihan fisik, seperti Gajah yang kuat, Kuda yang kencang, Elang yang bisa terbang, Lumba-Lumba yang bisa berenang juga dianugerahi akal. Lalu mereka (hewan-hewan itu) beranggapan seperti Manusia sekarang ini, bahwa alam dan segala isinya termasuk manusia diciptakan untuk hewan. Dengan begitu mereka (hewan) sesukanya memperlakukan manusia dan merusak alam” saya mengajukan tesis yang lebih berat lagi.

“Barangkaki kita manusia yang tidak memiliki kelebihan fisik seperti binatang, hanya menjadi penghuni pinggiran-pinggiran bumi. Hidup di hutan² dan semak-belukar sedangkan binatang membangun kota² dan peradaban. Suatu saat kita manusia akan punah, seperti punahnya Dinosaurus” jelas lekaki kecil ini.

“Mengerikan sekali” saya menanggapi dengan pura² mengkerutkan jidat.

Kategori Hewani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close