Pendidikan Agama Bukan Ilmu Pengetahuan Agama

Kalau kita cermat memperhatikan mata pelajaran Sekolah Dasar dulu. Salah satunya tertulis; Pendidikan Agama bukan Ilmu Pengetahuan Agama. Jelas berbeda dengan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial. Karena maksud dan tujuannya juga berbeda. Pendidikan bertujuan agar murid dapat mentranformasikan diri sesuai dengan yang telah diajarkan, sehingga diharapkan merubah peri[laku] anak didik. Sedangkan ilmu pengetahuan hanya sebagai wawasan pengetahuan yang mungkin juga abstrak sehingga suatu saat dapat berubah nilai kebenarannya. Siswa tidak mesti makan rumput karena mengetahui dalam pelajaran Biologi bahwa sapi makan rumput. Namun berbeda dengan Pendidikan agama, siswa harus berbuat baik kepada orang tua setelah mendapat pendidikan agama.

Agama hari-hari ini semata-mata hanya menjadi diskursus(wacana). Mungkin banyak yang lupa, agama pada awalnya tidak diniatkan sebagai ilmu pengetahuan belaka yang abstrak. Ia, agama, jauh dari yang diperdebatkan di media sosial, agama adalah semacam disiplin ilmu terapan. Orang harus menerjunkan diri dengan laku ruhaniyah dan olah tindakan amaliah penuh dedikasi. Tanpa tindakan amaliyah itu, kebenaran agama tak akan pernah dapat dibuktikan. Selain hanya saling mendaku yang paling benar.

Seperti halnya sepakbola, mengkhatamkan ratusan buku petunjuk sepakbola dan menonton ribuan CD trik olah bola,gocekan dan tendangan tanpa pernah turun ke lapangan, Tidak akan berguna bagi kesuksesan sebagai pesepakbola, alih-alih melewati hadangan pemain belakang lawan untuk menendang bola saja anda terpeleset.

Agama, Anda harus mulai menerjunkan diri dalam disiplin ruhaniyah dan amaliyah yang akan mengantarkan Anda pendakian bertahap dalam mentransformasi diri.

Abu Bakar, Umar, Utsman,Ali,ibnu Abbas, Abu Hurairah dan para sahabat lainnya sangat tahu, mereka mendatangi Rasullulah SAW bukan untuk mendapatkan wawasan pengetahuan, melainkan agar pikiran mereka tertranformasi yang pada akhirnya akan menggerakkan diri segera terjun pada pahit-getir amaliyah dan tindakan ruhaniyah yang akan mengubah hidup.
Karena, kebenaran yang Anda imani pada akhirnya ditentutan oleh tindakan Anda.

Al Albana

Padang 21 Zulhizah 1437

Kategori Telaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close