Isu

ISU; Sejak pengujung 2016 isu-isu tentang liberal dan Syiah cenderung mereda dan sepi seiring dengan maraknya isu-isu tentang kafir dan munafik yang mendandani wajah Pilkada Jakarta. Serta isu kebangkitan PKI/Komunis yang dihembuskan kembali akibat banyaknya Tenaga Kerja asal China yang tertangkap.

Sesuai pergerakan politik, yang dulu kena isu sebagai bumper Syiah sekarang didaulat sebagai Imam Besar Kaum Muslimin Indonesia. Dan yang dulu dituduh liberal saat ini menjadi harapan untuk mengalahkan kafir. Semoga saja kelompok yang menuduh dan yang mendaulat berasal dari kelompok yang berbeda.

Salah satu orang berpengaruh dalam JIL sekarang membela kubu politik yang juga menyiratkan pihak yang lebih Islami, Ulil Absyar tahu kan?. Masih ingat Panji?, bukan Panji manusia milenia, tapi Panji yang mengaku aktivis-komedian yang tempo hari pernah berucap “Biarkan FPI tetap ada, agar kita dapat bedakan mana orang yang sekolah dan yang tidak”. Sekarang dia menjadi jubir pemenangan Anies yang tempo hari berkunjung ke Petamburan markas FPI.

Agama hari ini dan negeri ini bagi sebagian elite hanya menjadi “komodoti politik”. Sesukanya saja digonta ganti “musuh dan teman” sesuka hati. Hari ini, “Liberal lebih bahaya daripada kafir”, besoknya “Syiah itu musuh umat Islam paling harus diwaspadai”, kapan-kapan ganti lagi, “Munafik itu yang paling parah.” Ya tergantung siapa yang mau dijatuhkan.

Sekarang lagi trend tuduhan kafir dan orang munafik juga isu komunis. Laku keras bak cendol dimusim panas. Jadi yang sering terkena Isu syiah dan liberal bolehlah rehat sejenak, istirahat dulu, siapkan stamina suatu saat akan di bully lagi.

Ps ; Mohon tidak digeneralisasi karena opini ini tak akan mungkin bebas dari subjektivitas.

****

Al Albana, Andalas, 31 Januari ’17

Kategori Esai, Telaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close