Kenangan Ramadhon Tempoe Doeloe (3)

Beberapa kali lebih tepatnya seringkali di Surau Tangah Padang pada malam bulan Ramadhan. Sholat Taraweh yang dimulai pukul 23.00 selalu gaduh dan berisik oleh suara anak-anak. “Allahu Akbar” suara Ungku Nuri tanpa mic terdengar dari depan, sebagai tanda jamaah bangkit dari sujud untuk duduk diantara dua sujud. “Treeengg, treeengg, treeengg” diikuti cekikan beberapa anak yang tengah berusaha menahan tawa.

Itulah suara kaleng susu yang diisi dengan kerikil-kerikil sebesar ibu jari. Saat sujud kaleng itu diletakkan pada posisi pantat jemaah yang sedang sujud di depan. Otomatis kaleng akan mengganjal saat bangkit. Secara reflek tangan akan menggeser kaleng yang mengganjal sehingga menimbulkan suara berisik akibat kaleng susu berisi kerikil mengelinding di lantai papan.

“Anak sia nan mantiko cirik bana karajonyo”, “sialah nan kurang aja bana kalakuaanyo” hardik beberapa emak-emak setelah salam. Beberapa saling tuduh dan mengelak. Sama halnya seperti suara kentut di tengah sholat lagi khusu’. Keesokan harinya suara kaleng berisik itu akan hilang, namun dua atau tiga hari kemudian muncul lagi. Dan emak-emak marah-marah lagi, begitu terus hingga akhir Ramahdan. Ramadhan tahun depan seperti itu lagi.

Pengalaman-pengalaman seperti inilah yang mengantarkan saya permisif terhadap keberisikan anak-anak di tengah sholat berjamaah. Barangkali keberisikan saat ini tidak seberapa dibanding yang dilakukan oleh anak-anak jadul. Baik tingkat keberisikannya maupun pelakunya. Jika kita cermati anak-anak yang berisik saat sholat berjamaah saat ini rata-rata usia < 13 tahun. Anak-anak Tingkat TK hingga SD, barangkali ada satu-dua anak yang sudah SLTP tapi tidak ada seumuran SMU masih bercanda ketika sholat berjamaah, berbeda dengan jaman dahulu bahkan sudah usia 20-an masih saja bercanda dalam sholat berjamaah di bulan ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close